XML
Barokhaeni - Personal Name

Kesehatan dan Keselamatan Kerja Bagi Pekerja Radiasi pada Pemeriksaan Mammografidi RSPAD Gatot Soebroto


INTISARI

JURUSAN TEKNIK RADIODIAGNOSTIK DAN RADIOTERAPI
POLITEKNIK KESEHATAN JAKARTA II

KARYA TULIS ILMIAH, 2017
BAROKHAENI

KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA BAGIPEKERJA RADIASI PADA PEMERIKSAAN MAMMOGRAFIDI RSPAD GATOT SOEBROTO

xiii, V BAB, 42 Halaman, 11 Gambar, 3 Tabel, 7 Lampiran

Kesehatan dan Keselamatan Kerja adalah penyelenggaraan pemeliharaan derajat kesehatan setinggi-tingginya.Pencegahan gangguan kesehatan tenaga kerja yang disebabkan oleh kondisi kerjanya.Perlindungan tenaga kerja terhadap faktor-faktor resiko yang mengganggu kesehatan.Penempatan dan pemeliharaan tenaga sesuai dengan kemampuan fisik serta psikologinya.
Penelitian ini bertujuan untuk menilai prosedur penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada pemeriksaan Mammografi bagi petugas radiasi di RSPAD Gatot Soebroto.
Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang berupa pengamatan atau observasi di lapangan pada bulan Mei 2017 di ruang pemeriksaan Mammografi RSPAD Gatot Soebroto.Dengan populasi penelitian yaitu seluruh pekerja radiasi di ruang pemeriksaan Mammografi RSPAD Gatot Soebroto dan sampel penelitian yaitu pekerja radiasi yang melakukan jaga di ruang pemeriksaan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prosedur penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada ruang pemeriksaan Mammografi di RSPAD Gatot Soebroto meliputi penataan desain ruang pemeriksaan Mammografi memiliki luas ukuran 19,44 m2. Paparan radiasi yang diterima oleh pekerja radiasi adalah 0,039 mR/jam dan untuk anggota masyarakat 0,0055 mR/jam. Pemantauan kesehatan yang dilakukan bagi pekerja radiasi adalah Medical Check Up(MCU) yang dilakukan secara berkala. Proteksi radiasi yang tersedia pada ruang pemeriksaan Mammografi belum sepenuhnya tersedia di dalam ruang pemeriksaan.Kemudian untuk pemantauan dosis radiasi perorangan menggunakan alat ukur film badge.
Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan ternyata penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada ruang pemeriksaan Mammografi di RSPAD Gatot Soebroto belum sepenuhnya sesuai dengan Undang-undang yang ada.

Kata kunci : Kesehatan dan keselamatan kerja, Ruang pemeriksaan Mammografi,Pekerja Radiasi pada ruang Mammografi.

Daftar bacaan : 12 (1979-2013)

Barokhaeni - Personal Name
001.43 TRO-D3-2017 Bar k
001.43
ebook
Indonesia
Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Poltekkes Kemenkes Jakarta II
2017
Kampus A-TRO
523

LOADING LIST...

LOADING LIST...

Barokhaeni. (2017).Kesehatan dan Keselamatan Kerja Bagi Pekerja Radiasi pada Pemeriksaan Mammografidi RSPAD Gatot Soebroto.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/setiadi

Share :


Pencarian Kategori

ETD Statistic

Total ETDs : 8506

Pencarian Spesifik

Cara Membuat Visitor Counter Menggunakan PHP MySQL

Visitor Counter Web

IP = 18.191.88.249

Today = 6666

Yesterday = 7188

Total Visitor = 8741701

Pilih Bahasa

Time

E-Book Buku Pendukung

Koleksi

Seluruh produk koleksi digital yang dihasilkan oleh Mahasiswa & Mahasiswi telah dikonversi kedalam file E-book sehingga dapat didownload dan dimanfaatkan secara luas oleh seluruh pengunjung Perpustakaan Digital Poltekes Jakarta 2

E-Library

Alamat : Jln. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru
Jakarta, Indonesia , 12120
Telp : 021.7397641, 7397643,
email: perpusjkt2a@gmail.com