XML
Anisa Dwi Chairani - Personal Name

Studi Deskriptif Hygiene dan Sanitasi Pengelolahan Makanan di Rumah Makan Sekitar Kampung Nagrak RW 06 Kelurahan Periuk Kota Tangerang Tahun 2020


Hygiene dan sanitasi makanan adalah upaya untuk mengendalikan faktor makanan, orang, tempat dan perlengkapannya yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Hygiene dan sanitasi makanan memiliki enam prinsip yang terdiri dari pemilihan bahan makanan, penyimpanan bahan makanan, pengolahan makanan, penyimpanan makanan, pengangkutan makanan dan penyajian makanan.

Masalah yang ditemukan oleh penulis pada penelitian ini adalah berdasarkan data Puskemas Periuk kasus penyakit diare tertinggi berada di wilayah Kelurahan Periuk sebanyak 697 kasus, tenaga pengelola makanan tidak menggunakan APD secara lengkap dan perilaku tenaga pengelola makanan tidak memperhatikan kebersihan. Peralatan dibiarkan saja, fasilitas sanitasi pembuangan air limbah langsung dibuang ke selokan. Tempat cuci tangan tidak tersedia, tempat pembuangan sampah tidak dilengkapi dengan penutup.

Judul penelitian ini adalah “ Studi Deskriptif Hygiene dan Sanitasi Pengelolaan Makanan di Rumah Makan Sekitar Kampung Nagrak RW 06 Kelurahan Periuk Kota Tangerang Tahun 2020” Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Hygiene dan Sanitasi Pengelolaan makanan di Rumah Makan Sekitar Kampung Nagrak RW 06 Kelurahan Periuk Kota Tangerang, Penelitian yang dilakukan penulis bersifat deskriptif, untuk mengetahui gambaran mengenai Hygiene dan Sanitasi pengelolaan makanan di Rumah Makan Sekitar Kampung Nagrak RW 06 Kelurahan Periuk Kota Tangerang. Populasi pada penelitian ini adalah 1 orang penanggungjawab rumah makan, 6 orang pengelola makanan, total jenis makanan dari 6 rumah makan 55 dan sampel pada penelitian ini adalah 1 orang penanggungjawab rumah makan, 6 orang pengelola makanan dan 3 sampel makanan untuk melihat kualitas bakteriologi makanan.

Hygiene sanitasi pengelolaan makanan terdapat 3 rumah makan yang memenuhi syarat dari semua variable hygiene sanitasi pengelolaan makanan yang telah di jumlahkan. Pada fasilitas sanitasi seluruh rumah makan tidak memenuhi syarat. Pemeriksaan bakteriologis pada makanan pada sampel makanan gado – gado, ayam balado dan capcai tidak memenuhi syarat.

Dari penelitian ini penulis memberi saran kepada pihak Rumah Makan Sekitar Kampung Nagrak RW 06 Kelurahan Periuk Kota Tangerang untuk lebih memperhatikan hygiene dan sanitasi pengelolaan makanan di rumah makan tersebut.

Kepustakaan : 11
Klasifikasi : Kesehatan Masyarakat : 4
Peraturan : 2
KTI : 2
Jurnal : 1
Statistik : 1
Penyehatan Makanan dan Minuman :1
Kesehatan Lingkungan : 1

Anisa Dwi Chairani - Personal Name
2020
001.43 D3-KL-2020 Ani s
001.43
ebook
Indonesia
2020
Kusrini Wulandari(P1), Agus Riyanto(P2), STTU, D3-KL-2020
555

LOADING LIST...

LOADING LIST...

Anisa Dwi Chairani. (2020).Studi Deskriptif Hygiene dan Sanitasi Pengelolahan Makanan di Rumah Makan Sekitar Kampung Nagrak RW 06 Kelurahan Periuk Kota Tangerang Tahun 2020.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/setiadi

Share :


Pencarian Kategori

ETD Statistic

Total ETDs : 8505

Pencarian Spesifik

Cara Membuat Visitor Counter Menggunakan PHP MySQL

Visitor Counter Web

IP = 3.12.71.237

Today = 4140

Yesterday = 6416

Total Visitor = 8712478

Pilih Bahasa

Time

E-Book Buku Pendukung

Koleksi

Seluruh produk koleksi digital yang dihasilkan oleh Mahasiswa & Mahasiswi telah dikonversi kedalam file E-book sehingga dapat didownload dan dimanfaatkan secara luas oleh seluruh pengunjung Perpustakaan Digital Poltekes Jakarta 2

E-Library

Alamat : Jln. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru
Jakarta, Indonesia , 12120
Telp : 021.7397641, 7397643,
email: perpusjkt2a@gmail.com