XML
Nunik Hanna Mutiah - Personal Name

Evaluasi Faktor Eksposi Pada Pemeriksaan Pelvis Proyeksi Antero Posterior (AP) Terhadap Nilai Index Exposure


ABSTRAK

PROGRAM STUDI RADIOLOGI PROGRAM DIPLOMA III
JURUSAN TEKNIK RADIODIAGNOSTIK DAN RADIOTERAPI
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN JAKARTA II

KARYA TULIS ILMIAH, 2020
NUNIK HANNA MUTIAH (P2.31.30.0.17.038)

EVALUASI FAKTOR EKSPOSI PADA PEMERIKSAAN PELVIS PROYEKSI ANTERO POSTERIOR (AP) TERHADAP NILAI INDEX EXPOSURE

xiv, V BAB, 41 Halaman, 11 Gambar, 6 Tabel, 7 Lampiran

Pemilihan faktor eksposi pada setiap pemeriksaan radiologi perlu diperhatikan sesuai dengan ketebalan objek yang akan diperiksa. Penggunaan faktor eksposi yang tidak tepat dapat menghasilkan nilai Index Exposure yang tidak sesuai standar dan meningkatkan dosis. Nilai Index Exposure merupakan salah satu parameter yang dapat digunakan untuk menilai berapa besar faktor eksposi yang dipilih berhubungan dengan dosis yang diterima oleh Imaging Plate. Tujuan umum dari penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi faktor eksposi terhadap nilai Index Exposure dan dosis radiasi yang diterima oleh Imaging Plate pada pemeriksaan Pelvis proyeksi Antero Posterior (AP).
Penelitian ini dilakukan di Instalasi Radiologi RSUD Tarakan pada bulan Februari-April tahun 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data dengan melakukan observasi dengan analisis data sekunder. Jumlah sampel yang akan digunakan pada penelitian ini yaitu sebanyak 6 pasien.
Hasil dari penelitian ini yaitu didapatkan bahwa semakin tebal objek maka akan semakin tinggi pula faktor eksposi yang digunakan, nilai Index Exposure yang dihasilkan dan dosis radiasi yang diterima oleh Imaging Plate. Berdasarkan hasil penelitian terhadap parameter faktor eksposi, nilai Index Exposure dan dosis radiasi yang diterima oleh Imaging Plate bahwa penggunaan faktor eksposi yang optimal yang dapat digunakan untuk pemeriksaan Pelvis proyeksi Antero Posterior yaitu pada pasien ketebalan objek kategori medium dengan faktor eksposi 78 kV dan 18 mAs, sehingga nilai Index Exposure yang dihasilkan dengan nilai 1762 merupakan nilai Index Exposure dengan kategori acceptable range dan dosis radiasi yang diterima oleh Imaging Plate sebesar 5 µGy sesuai dengan standar nilai dosis yang menurut literatur.

Kata Kunci : Faktor Eksposi, nilai Index Exposure dan Dosis Radiasi yang diterima oleh Imaging Plate.
Daftar Bacaan : 30 (2005-2019)

Nunik Hanna Mutiah - Personal Name
001.43 TRO-D3-2020 Nun e
001.43
ebook
Indonesia
Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Poltekkes Kemenkes Jakarta II
2020
Jakarta
Shinta Gunawati (P1) , Nursama Heru Apriantoro (P2) D3-TRO-2020
1074

LOADING LIST...

LOADING LIST...

Nunik Hanna Mutiah. (2020).Evaluasi Faktor Eksposi Pada Pemeriksaan Pelvis Proyeksi Antero Posterior (AP) Terhadap Nilai Index Exposure.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/setiadi

Share :


Pencarian Kategori

ETD Statistic

Total ETDs : 8514

Pencarian Spesifik

Cara Membuat Visitor Counter Menggunakan PHP MySQL

Visitor Counter Web

IP = 3.129.63.114

Today = 2375

Yesterday = 5253

Total Visitor = 8815016

Pilih Bahasa

Time

E-Book Buku Pendukung

Koleksi

Seluruh produk koleksi digital yang dihasilkan oleh Mahasiswa & Mahasiswi telah dikonversi kedalam file E-book sehingga dapat didownload dan dimanfaatkan secara luas oleh seluruh pengunjung Perpustakaan Digital Poltekes Jakarta 2

E-Library

Alamat : Jln. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru
Jakarta, Indonesia , 12120
Telp : 021.7397641, 7397643,
email: perpusjkt2a@gmail.com