XML

Optimalisasi Proyeksi LPO (Left Posterior Oblique) Untuk Menggantikan Proyeksi Lateral Dalam Penunjang Diagnosis Barium Enema Pada Klinis Suspect Hirschsprung Disease


ABSTRAK
PROGRAM STUDI RADIOLOGI PROGRAM DIPLOMA III
JURUSAN TEKNIK RADIODIAGNOSTIK DAN RADIOTERAPI
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN JAKARTA II
KARYA TULIS ILMIAH, 2020
SITI KHOLIFAHTUSSA’DIAH HANDARINI (P.2.31.30.0.17.048)
OPTIMALISASI PROYEKSI LPO (LEFT POSTERIOR OBLIQUE)
UNTUK MENGGANTIKAN PROYEKSI LATERAL DALAM
PENUNJANG DIAGNOSIS BARIUM ENEMA PADA KLINIS SUSPECT HIRSCHSPRUNG DISEASE
xiv, 5 BAB, 27 Halaman, 13 Gambar, 1 tabel, 6 Lampiran
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kesesuaian proyeksi radiografi dan kriteria evaluasi dari pemeriksaan Barium Enema di RSUD R. Syamsudin, SH, dan dibandingan dengan teknik berdasarkan literatur.
Pasien diposisikan di atas meja pemeriksaan dengan posisi LPO (Left Posterior Oblique), setelah itu dimasukan media kontras sebanyak 10cc melalui anal menggunakan folley catheter berukuran 10F. Setelah pemeriksaan selesai, folley cathether yang berada pada anal dapat dilepaskan.
Hasil menunjukkan bahwa pada pemeriksaan Barium Enema proyeksi LPO (left Posterior Oblique) tampak gambaran keseluruhan abdomen sampai rectosigmoid yang berisi media kontras, terlihat batas bawah radiografi sampai dubur (anal) dan tidak ada rotasi.
Optimalisasi proyeksi LPO (left posterior oblique) dalam menunjang diagnosis Barium Enema pada klinis suspect hirschsprung disease menunjukkan hasil gambaran radiografi atau kriteria evaluasi yang juga termasuk pada proyeksi lateral sebagaimana yang terdapat pada literatur. Yaitu, wilayah rectosigmoid yang berisi penuh media kontras dan proyeksi ini digunakan untuk memvisualisasikan pengigian media kontras di daerah rektum dan sigmoid.
Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan proyeksi LPO (left posterior oblique) mampu menunjukkan beberapa tanda hirschsprung disease, maka proyeksi lateral tidak perlu dilakukan.
Kata Kunci : Hirschsprung Disease, Barium Enema, Optimalisasi Proyeksi LPO.
Daftar Bacaan : 12 (2008 – 2019)

2020
001.43 TRO-D3-2020 Sit o
001.43
ebook
Indonesia
Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Poltekkes Kemenkes Jakarta II
2020
Jakarta
Muhammad Irsal (P1), Arif Jauhari (P2) D3 - 2020
1117

LOADING LIST...

LOADING LIST...

Siti Kholifahtussa'diah Handarini. (2020).Optimalisasi Proyeksi LPO (Left Posterior Oblique) Untuk Menggantikan Proyeksi Lateral Dalam Penunjang Diagnosis Barium Enema Pada Klinis Suspect Hirschsprung Disease.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/setiadi

Share :


Pencarian Kategori

ETD Statistic

Total ETDs : 8506

Pencarian Spesifik

Cara Membuat Visitor Counter Menggunakan PHP MySQL

Visitor Counter Web

IP = 3.129.45.92

Today = 2402

Yesterday = 7188

Total Visitor = 8737437

Pilih Bahasa

Time

E-Book Buku Pendukung

Koleksi

Seluruh produk koleksi digital yang dihasilkan oleh Mahasiswa & Mahasiswi telah dikonversi kedalam file E-book sehingga dapat didownload dan dimanfaatkan secara luas oleh seluruh pengunjung Perpustakaan Digital Poltekes Jakarta 2

E-Library

Alamat : Jln. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru
Jakarta, Indonesia , 12120
Telp : 021.7397641, 7397643,
email: perpusjkt2a@gmail.com