XML
Muhammad Reza Pahlevi - Personal Name

Analisis Teknik Three-Dimentional Conformal Radiation Therapy dan Teknik Intensity Modulated Radiation Therapy Pada Treatment Planning System Terhadap Organ at Risk Jantung Pada Kasus Kanker Payudara Kiri


Di Indonesia, kanker payudara merupakan kanker nomor dua terbanyak setelah kanker servix dengan persentase sebanyak 11% pada perempuan. Pengobatan radioterapi pada payudara kiri memiliki berbagai efek samping pada organ sekitar salah satunya adalah penyakit jantung yang diakibatkan oleh penerimaan radiasi yang berlebih atau Radiation Inducted Heart Disease (RIHD).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teknik Three-Dimentional Radiation Therapy (3D-CRT) dan teknik Intensity Modulated Radiotheraphy (IMRT) terhadap organ at risk (OAR) jantung pada kasus kanker payudara kiri. Desain penelitian ini adalah kualitatif bersifat deskriptif.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret hingga Juni 2022 di Rumah Sakit Kanker Nasional Dharmais, Populasi data pasien penderita kanker pada bulan Maret-Juni 2022 dengan 5 sampel pasien penderita kanker payudara kiri. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi yang berupa: hasil print out kurva isodosis dan hasil print out DVH (Dose Volume Histogram) serta lembar wawancara. Data yang diperoleh akan digunakan untuk pembuatan perencanaan teknik penyinaran 3D-CRT dan teknik IMRT pada masing-masing sampel di Treatment Planning System. Dilakukan analisis perbandingan dosis OAR jantung serta kurva isodosis antara teknik 3D-CRT dan teknik IMRT, di deskripsikan hasil kesimpulan analisis perbandingan dosis tersebut untuk mendapatkan teknik yang dapat direkomendasikan untuk kasus kanker payudara kiri.
Hasil penelitian adalah OAR jantung menerima dosis radiasi yang lebih kecil menggunakan teknnik 3D-CRT tetapi teknik 3D-CRT memiliki dosis hambur yang lebih besar dibandingkan teknik IMRT.
Kesimpulannya adalah penelitan terhadap 5 sampel ini terlihat teknik IMRT lebih unggul pada kurva isodosis, sedangkan teknik 3D-CRT lebih unggul pada dosis OAR yang diterima sampel tetapi teknik 3D-CRT radiasi yang diterima tidak homogen.

Kata kunci : Kanker payudara kiri, 3D-CRT, IMRT, organ beresiko jantung, kurva isodosis

Muhammad Reza Pahlevi - Personal Name
2022
001.43 TRO-D4-2022 Muh a
ebook
Indonesia
Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Poltekkes Kemenkes Jakarta II
2022
Jakarta
Guntur Winarno(P1); Shinta Gunawati Sutoro(P2); Muhammad Irsal(P3); D4-TRO-2022: P21130218042, SP-4-11-2022
449

LOADING LIST...

Muhammad Reza Pahlevi. (2022).Analisis Teknik Three-Dimentional Conformal Radiation Therapy dan Teknik Intensity Modulated Radiation Therapy Pada Treatment Planning System Terhadap Organ at Risk Jantung Pada Kasus Kanker Payudara Kiri.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/setiadi

Share :


Pencarian Kategori

ETD Statistic

Total ETDs : 8496

Pencarian Spesifik

Cara Membuat Visitor Counter Menggunakan PHP MySQL

Visitor Counter Web

IP = 3.128.203.143

Today = 6247

Yesterday = 7798

Total Visitor = 8723311

Pilih Bahasa

Time

E-Book Buku Pendukung

Koleksi

Seluruh produk koleksi digital yang dihasilkan oleh Mahasiswa & Mahasiswi telah dikonversi kedalam file E-book sehingga dapat didownload dan dimanfaatkan secara luas oleh seluruh pengunjung Perpustakaan Digital Poltekes Jakarta 2

E-Library

Alamat : Jln. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru
Jakarta, Indonesia , 12120
Telp : 021.7397641, 7397643,
email: perpusjkt2a@gmail.com