XML
Husna, Nabilah Lia - Personal Name

Gambaran Penyimpanan Obat di Gudang Farmasi dan Depo Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Kebayoran Baru Tahun 2022


Pendahuluan: Salah satu standar pelayanan kefarmasian di rumah sakit adalah pengelolaan obat, alat kesehatan, dan Bahan Medis Habis Pakai (BMHP). Proses yang perlu diperhatikan salah satunya adalah penyimpanan. Penyimpanan merupakan tindakan dalam menjaga kualitas dan ketersediaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penyimpanan obat dalam faktor input, proses, dan ouput di gudang farmasi dan depo farmasi RSUD Kebayoran Baru.

Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif melalui observasi dan wawancara mendalam. Pengambilan data melalui observasi mengenai sarana dan prasarana, penyusunan, dan kesesuaian jumlah obat. Sedangkan wawancara dilakukan dengan tiga informan. Analisis data yang digunakan meliputi triangulasi sumber dan triangulasi metode.

Hasil dan Kesimpulan: Kegiatan penyimpanan obat di gudang dan depo farmasi RSUD Kebayoran Baru dalam faktor input terkait SDM dan dokumen sudah mencukupi. Sarana dan prasarana pada gudang mendapatkan kesesuaian sebesar 91% sedangkan pada depo farmasi sebesar 90%. Tidak adanya anggaran khusus dalam penyimpanan obat. Faktor proses penyimpanan obat yang meliputi penerimaan, penyusunan, pengeluaran, stok opname, pencatatan dan pelaporan sudah cukup baik. Dalam penyusunan obat mendapat kesesuaian sebesar 91% pada gudang maupun depo farmasi. Faktor output dalam penyimpanan obat di RSUD Kebayoran Baru, kesesuaian obat di gudang mendapatkan kesesuaian sebesar 91%. Pada penelitian mengenai persentase obat kedaluwarsa, obat mati, dan Turn Over Ratio (TOR) tidak diperoleh data karena keterbatasan akses peneliti.

Kata Kunci: Penyimpanan Obat, Gudang Farmasi, Depo Farmasi, Rumah Sakit

Husna, Nabilah Lia - Personal Name
2022
001.43 Far-D3-2022 Nab g
ebook
Indonesia
Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Jakarta II
2022
Jakata,Poltekkes Jakarta II
Nanda Puspita(P1); Ulya Safrina(P2); Harpolia Cartika(P3); Junaedi(P4); D3-Far-2022: P24840119039
442

LOADING LIST...

Husna, Nabilah Lia. (2022).Gambaran Penyimpanan Obat di Gudang Farmasi dan Depo Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Kebayoran Baru Tahun 2022.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/setiadi

Share :


Pencarian Kategori

ETD Statistic

Total ETDs : 8505

Pencarian Spesifik

Cara Membuat Visitor Counter Menggunakan PHP MySQL

Visitor Counter Web

IP = 3.128.199.162

Today = 2563

Yesterday = 9484

Total Visitor = 8762444

Pilih Bahasa

Time

E-Book Buku Pendukung

Koleksi

Seluruh produk koleksi digital yang dihasilkan oleh Mahasiswa & Mahasiswi telah dikonversi kedalam file E-book sehingga dapat didownload dan dimanfaatkan secara luas oleh seluruh pengunjung Perpustakaan Digital Poltekes Jakarta 2

E-Library

Alamat : Jln. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru
Jakarta, Indonesia , 12120
Telp : 021.7397641, 7397643,
email: perpusjkt2a@gmail.com