XML
Citra Rahmadhani Putri Lubis - Personal Name
Rani Oksandri Putri - Personal Name
Muhammad Syahidul Mubin - Personal Name
Shabana So Sadya Tobing - Personal Name

LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN BIDANG PELAYANAN GIZI MASYARAKAT (PKL BPGM) PUSKESMAS KECAMATAN PESANGGRAHAN JAKARTA SELATAN


Kesimpulan
1. Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan terbagi atas lima Puskesmas Kelurahan, yakni Petukangan Utara, Petukangan Selatan, Ulujami, Pesanggrahan, dan Bintaro.
2. Pelayanan Gizi di Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan dibagi menjadi Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM).
3. Pelayanan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) di Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan salah satunya yaitu kegiatan Posyandu dimana pada tahun 2020 terdapat 125 Posyandu.
4. Indikator kinerja yang sudah memenuhi target tahun 2020 pada bulan Januari s/d Maret tahun 2020 yaitu ibu hamil kurang energi kronik (KEK) yang mendapatkan makanan tambahan, pemberian TTD 90 tablet pada ibu hamil, ibu nifas mendapat kapsul vitamin A, bayi yang mendapat IMD, balita mempunyai buku KIA/KMS, balita gizi buruk mendapat makanan tambahan, total pemberian vitamin A pada Balita 6-59 bulan dan remaja putri mendapat TTD.
5. Adapun indikator kinerja yang rata-rata sudah memenuhi target tahun 2020pada bulan Januari s/d Maret tahun 2020 yaitu balita ditimbang berat badannya (D/S) usia 0-59 bulan, balita gizi buruk mendapat perawatan, dan ASI Eksklusif pada bayi 6 bulan (lulus).
6. Analisi SKDN dari bulan Januari sampai Maret 2021 yaitu pada analisis K/S belum mencapai target pada bulan Januari dan Februari sehingga cakupan program belum tercapai. Pada analisis D/S belum mencapai target pada bulan Maret dikarenakan awal kondisi pandemi yang tidak memungkinkan dilaksanakannya kegiatan Posyandu sehingga partisipasi masyarakat rendah. Pada analisis N/S belum mencapai target pada bulan Januari sampai dengan Maret sehingga pelaksanaan program di prosyandu belum dapat dikatakan berhasil. Pada analisis D/K belum mencapai target pada bulan Maret karena partisipasi masyarakat rendah sehingga keberlangsungan penimbangan juga rendah. Dan pada analisis N/D belum mencapai target pada bulan Januari
sampai dengan Maret sehingga tingkat keberhasilan penimbangan rendah.
7. Permasalahan Gizi yang dialami di Puskesmas Kelurahan yang berada di Kecamatan Pesanggrahan yaitu antara lain masalah pemantauan pertumbuhan dan perkembangan balita, sehingga menyebabkan angka D/S rendah dan data yang dihasilkan menjadi bias.
8. Tugas selama kegiatan PKL di Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan antara lain yaitu membuat video konseling gizi, mengerjakan kasus Pola Asuhan Gizi Terstandar (PAGT) dengan kasus dewasa, lansia, ibu hamil, dan anakanak, membuat leaflet, membuat video penyuluhan gizi anemia dalam rangka Hari Gizi Nasioal, serta membuat Rencana Tindak Lanjut (RTL)

Citra Rahmadhani Putri Lubis - Personal Name
Rani Oksandri Putri - Personal Name
Muhammad Syahidul Mubin - Personal Name
Shabana So Sadya Tobing - Personal Name
2021
ebook
Indonesia
Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta II
2021
D3 - Jurusan Gizi
997

LOADING LIST...

Citra Rahmadhani Putri Lubis. (2021).LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN BIDANG PELAYANAN GIZI MASYARAKAT (PKL BPGM) PUSKESMAS KECAMATAN PESANGGRAHAN JAKARTA SELATAN.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/setiadi

Share :


Pencarian Kategori

ETD Statistic

Total ETDs : 8514

Pencarian Spesifik

Cara Membuat Visitor Counter Menggunakan PHP MySQL

Visitor Counter Web

IP = 3.19.73.227

Today = 2148

Yesterday = 7519

Total Visitor = 8903159

Pilih Bahasa

Time

E-Book Buku Pendukung

Koleksi

Seluruh produk koleksi digital yang dihasilkan oleh Mahasiswa & Mahasiswi telah dikonversi kedalam file E-book sehingga dapat didownload dan dimanfaatkan secara luas oleh seluruh pengunjung Perpustakaan Digital Poltekes Jakarta 2

E-Library

Alamat : Jln. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru
Jakarta, Indonesia , 12120
Telp : 021.7397641, 7397643,
email: perpusjkt2a@gmail.com