XML
Rani Kurnia Sari - Personal Name

Penggunaan Metode Survei Konsumsi Pangan dengan Foto Makanan Responden Sebagai Alternatif dari Metode Food Recall 24 Jam


ABSTRAK

DIPLOMA III GIZI
JURUSAN GIZI
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES JAKARTA II
TUGAS AKHIR, JULI 2020


RANI KURNIA SARI

PENGGUNAAN METODE SURVEI KONSUMSI PANGAN DENGAN FOTO MAKANAN RESPONDEN SEBAGAI ALTERNATIF DARI METODE FOOD RECALL 24 JAM.

xi, V BAB, 83 Halaman, 1 Bagan, 18 Tabel, 6 Lampiran

Latar Belakang : Survei konsumsi pangan penduduk menjadi salah satu alasan penting dalam menelaah dinamika konsumsi pangan serta dampak penyerta bagi gizi dan kesehatan. Untuk survei konsumsi individu, metode Food Recall 24 jam mempunyai validitas yang tinggi untuk menggambarkan Actual Intake zat gizi. Dalam melakukan Food Recall 24 jam perlu dilakukan wawancara langsung, serta sangat tergantung dengan daya ingat responden. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, Food Recall dapat dilakukan dengan cara responden memfoto apa saja yang dikonsumsi selama satu hari. Hal ini dapat mengefektikan waktu, serta dapat menjangkau responden dengan jarak yang cukup jauh.
Tujuan : Mengetahui perbedaan asupan energi dan zat gizi makro dari hasil analisis foto makanan responden dan Food Recall. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dan merupakan studi perbandingan melibatkan mahasiswa tingkat I Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Jakarta II yang berjumlah 57 orang.
Metode : Data dikumpulkan dengan metode Food Recall dan foto makanan serta pengukuran tinggi badan dan berat badan. Analisis data univariat dan bivariat menggunakan Independent Subjek T-Test.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahawa tidak ada perbedaan rata-rata asupan energi (P=0,66), protein (P=0,63), lemak (P=0,48), dan karbohidrat (P=0,73) dari hasil analisis foto makanan responden dan Food Recall.
Kesimpulan: Dari kedua metode ini tidak menunjukkan perbedaan hasil bila digunakan untuk menilai asupan energi dan zat gizi makro.

Kata Kunci :
asupan, foto makanan, Food Recall, energi dan zat gizi makro,mahasiswa

Rani Kurnia Sari - Personal Name
2020
001.43 GZ-D3-2020 Ran p
ebook
Indonesia
Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta II
2020
Jakarta
Nur'aini Susilo (P1), Siti Mutia Rahmawati (p2), D3-Gizi-2020
3169

LOADING LIST...

Rani Kurnia Sari. (2020).Penggunaan Metode Survei Konsumsi Pangan dengan Foto Makanan Responden Sebagai Alternatif dari Metode Food Recall 24 Jam.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/setiadi

Share :


Pencarian Kategori

ETD Statistic

Total ETDs : 8514

Pencarian Spesifik

Cara Membuat Visitor Counter Menggunakan PHP MySQL

Visitor Counter Web

IP = 18.218.118.23

Today = 557

Yesterday = 7519

Total Visitor = 8901568

Pilih Bahasa

Time

E-Book Buku Pendukung

Koleksi

Seluruh produk koleksi digital yang dihasilkan oleh Mahasiswa & Mahasiswi telah dikonversi kedalam file E-book sehingga dapat didownload dan dimanfaatkan secara luas oleh seluruh pengunjung Perpustakaan Digital Poltekes Jakarta 2

E-Library

Alamat : Jln. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru
Jakarta, Indonesia , 12120
Telp : 021.7397641, 7397643,
email: perpusjkt2a@gmail.com