XML
Kurniawan, Abi Rafi - Personal Name

Studi Literatur Aktivitas Analgetik dan Kandungan Fitokimia Ekstrak Daun Sintrong (Crassochepalum crepidioides)


Pendahuluan: Nyeri adalah pengalaman sensoris dan emosional yang tidak menyenangkan yang berhubungan dengan kerusakan jaringan atau potensi akan menyebabkan kerusakan jaringan. Salah satu tanaman yang berpotensi memiliki aktivitas analgetik adalah sintrong, telah banyak dilakukan penelitian mengenai aktivitas analgetik serta kandungan fitokimia pada daun sintrong dengan tujuan dapat menjadi alternatif pengobatan nyeri dan dapat menjadi acuan penggunaan daun sintrong untuk pengobatan nyeri.
Tujuan: Untuk mengetahui aktivitas analgetik dan kandungan fitokimia pada daun sintrong.
Metode: penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dokumentasi, hasil dari pencarian tersebut diperoleh sebanyak 5 jurnal yang berkaitan dengan aktivitas analgetik dan kandungan fitokimia ekstrak daun sintrong. Lalu jurnal yang telah diperoleh dianalisis dan diambil kesimpulan.
Hasil & Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan ekstrak daun sintrong berpengaruh dalam penurunan jumlah geliat pada hewan uji, dari dosis terkecil 0,1 g/kgBB hingga dosis terbesar 14 g/kgBB. Senyawa flavonoid, steroid, tanin dan saponin diduga berperan dalam aktivitas analgetik. Dari hasil tersebut menandakan bahwa ekstrak daun sintrong memiliki aktivitas analgetik.
Kata Kunci: Sintrong, analgetika, screening fitokimia, Crassochepalum crepidioides

Kurniawan, Abi Rafi - Personal Name
2020
001.43 FAR-D3-2020 Kur s
ebook
Indonesia
Jurusan Farmasi Poltekkes Jakarta II
2020
Jakarta
Khairun Nida(P1),Adin Hakim Kurniawan(P2)D3-FAR-2020
746

LOADING LIST...

Kurniawan, Abi Rafi. (2020).Studi Literatur Aktivitas Analgetik dan Kandungan Fitokimia Ekstrak Daun Sintrong (Crassochepalum crepidioides).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/setiadi

Share :


Pencarian Kategori

ETD Statistic

Total ETDs : 8515

Pencarian Spesifik

Cara Membuat Visitor Counter Menggunakan PHP MySQL

Visitor Counter Web

IP = 52.14.174.133

Today = 606

Yesterday = 7830

Total Visitor = 8909447

Pilih Bahasa

Time

E-Book Buku Pendukung

Koleksi

Seluruh produk koleksi digital yang dihasilkan oleh Mahasiswa & Mahasiswi telah dikonversi kedalam file E-book sehingga dapat didownload dan dimanfaatkan secara luas oleh seluruh pengunjung Perpustakaan Digital Poltekes Jakarta 2

E-Library

Alamat : Jln. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru
Jakarta, Indonesia , 12120
Telp : 021.7397641, 7397643,
email: perpusjkt2a@gmail.com