XML
Alia Vivi Az Zahra - Personal Name

Gambaran Sanitasi Kolam Renang di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan Tahun 2023


Kolam renang adalah tempat dan fasilitas umum berupa konstruksi kolam berisi air yang telah diolah yang dilengkapi dengan fasilitas kenyamanan dan pengamanan baik yang terletak di dalam maupun di luar bangunan yang digunakan untuk berenang, rekreasi, atau olahraga air lainnya.

Penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tentang gambaran secara umum mengenai sanitasi pengelolaan kolam renang di GOR Soemantri Brodjonegoro. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2023, dengan populasi penelitian yaitu seluruh air kolam renang yang ada di GOR Soemantri Brodjonegoro, sedangkan untuk sampel penelitian yaitu seluruh air kolam renang dengan jumlah sampling 6 titik seperti kolam renang dewasa 3 titik dan kolam anak – anak 3 titik. Penelitian ini dilakukan pengumpulan data menggunakan data primer, seperti observasi menggunakan checklist, pengukuran kualitas fisik (suhu, bau dan kekeruhan), dan pengukuran kualitas kimia (pH dan sisa khlor), sedangkan data sekunder diperoleh dari pihak GOR Soemantri Brodjonegoro.

Berdasarkan hasil observasi dengan checklist didapatan hasil bahwa pada metode pengolaan air kolam renang didapatkan (100%) memenuhi syarat, persyaratan kesehatan lingkungan didapatkan (94,4%) tidak memenuhi syarat, pengukuran kualitas kimia air kolam renang pada sisa khlor didapatkan (0,1 mg/l) tidak memenuhi syarat, sedangkan untuk pH didapatkan (6,6) tidak memenuhi syarat dan kualitas fisik air kolam renang pada pemeriksaan bau didapatkan Tidak Berbau (TB) memenuhi syarat, pengukuran suhu didapatkan (30ºC) memenuhi syarat, sedangkan untuk pemeriksaan kekeruhan didapatkan (> 0,5 NTU) memenuhi syarat.

Saran pada penelitian ini diharapkan dapat mempertahankan yang sudah sesuai dengan standar kesehatan dan meningkatkan kualitas sanitasi pengelolaan air kolam renang di GOR Soemantri Brodjonegoro menjadi lebih baik dengan melengkapi beberapa fasilitas yang belum tersedia seperti tidak adanya akses khusus darurat yang terlihat dengan rambu yang jelas, tempat sampah tidak terpisah non organik dan organik, tidak adanya kotak kritik dan saran, selalu memperhatikan tindakan dalam pengelolaan air kolam renang sehingga nilai pH dan sisa khlor sesuai dengan standar mutu kesehatan.

Alia Vivi Az Zahra - Personal Name
2023
001.43 KL-D3-2023 Ali g
ebook
Indonesia
Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Jakarta II
2023
Jakarta
Agus Riyanto(P1); Dini Syafitri(P2); Tugiyo(P3); Arni Widyastuti(P4); D3-KL-2023; P21345120005
147

LOADING LIST...

Alia Vivi Az Zahra. (2023).Gambaran Sanitasi Kolam Renang di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan Tahun 2023.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/setiadi

Share :


Pencarian Kategori

ETD Statistic

Total ETDs : 8496

Pencarian Spesifik

Cara Membuat Visitor Counter Menggunakan PHP MySQL

Visitor Counter Web

IP = 18.220.187.178

Today = 5415

Yesterday = 8419

Total Visitor = 8714681

Pilih Bahasa

Time

E-Book Buku Pendukung

Koleksi

Seluruh produk koleksi digital yang dihasilkan oleh Mahasiswa & Mahasiswi telah dikonversi kedalam file E-book sehingga dapat didownload dan dimanfaatkan secara luas oleh seluruh pengunjung Perpustakaan Digital Poltekes Jakarta 2

E-Library

Alamat : Jln. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru
Jakarta, Indonesia , 12120
Telp : 021.7397641, 7397643,
email: perpusjkt2a@gmail.com