XML
Beby Yuliyana Mustika - Personal Name

STUDI KASUS PEMERIKSAAN ULTRASONOGRAFI ABDOMEN PADA PASIEN HIV/AIDS DI INSTALASI RADIOLOGI RSUD CENGKARENG


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis studi kasus pemeriksaan USG abdomen pada pasien HIV/AIDS berupa prosedur pemeriksaan meliputi persiapan pasien, teknik scanning, dan hasil pemeriksaan meliputi sonopattern dari sonopatologi pada pasien dengan HIV/AIDS.
Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan cara mengevaluasi prosedur, teknik scanning, dan hasil gambaran USG abdomen dari pasien HIV/AIDS. Kemudian dilakukan wawancara dengan seorang sonographer untuk mendapatkan informasi mengenai penelitian.
Kesimpulan pada penelitian ini ialah pemeriksaan USG abdomen pada pasien HIV/AIDS dilakukan dengan persiapan puasa 6-8 jam sebelum pemeriksaan. Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan transducer convex dan sonografer diharuskan menggunakan handscoon untuk mencegah terjadinya kontaminasi dan penularan penyakit. Pada pemeriksaan Ultrasound pada pasien HIV/AIDS perlu diperhatikan parenkhim hati, pembesaran limpa, dan pembesaran kelenjar getah bening. Apabila ditemukan KGB paraaorta maka perlu dilakukan scanning longitudinal dan transversal pada mid sagittal line tubuh dengan menggunakan Color Doppler. Dari 10 pasien yang mengalami HIV/AIDS, organ yang banyak mengalami kerusakan ialah liver, gallbladder, dan terdapat pembesaran kelenjar getah bening paraaorta.
Kata Kunci : Ultrasonografi, HIV/AIDS, Hati, Kandung Empedu, Kelenjar Getah Bening

Beby Yuliyana Mustika - Personal Name
2023
001.43 TRO-D4-2023 Beb s
ebook
Indonesia
2023
Jakarta
Sriyatun(P1); Eny Supriyaningsih(P2); Puji Supriyono(P3); Wahyu Hidayat(P4); D4-TRO-2023: P21130219018
269

LOADING LIST...

Beby Yuliyana Mustika. (2023).STUDI KASUS PEMERIKSAAN ULTRASONOGRAFI ABDOMEN PADA PASIEN HIV/AIDS DI INSTALASI RADIOLOGI RSUD CENGKARENG.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/setiadi

Share :


Pencarian Kategori

ETD Statistic

Total ETDs : 8514

Pencarian Spesifik

Cara Membuat Visitor Counter Menggunakan PHP MySQL

Visitor Counter Web

IP = 3.142.43.206

Today = 1738

Yesterday = 7519

Total Visitor = 8902749

Pilih Bahasa

Time

E-Book Buku Pendukung

Koleksi

Seluruh produk koleksi digital yang dihasilkan oleh Mahasiswa & Mahasiswi telah dikonversi kedalam file E-book sehingga dapat didownload dan dimanfaatkan secara luas oleh seluruh pengunjung Perpustakaan Digital Poltekes Jakarta 2

E-Library

Alamat : Jln. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru
Jakarta, Indonesia , 12120
Telp : 021.7397641, 7397643,
email: perpusjkt2a@gmail.com