XML
Hidayati, Fadhila - Personal Name

Studi Literatur Aktivitas Antidiabetes Tanaman Alpukat (Persea americana Mill)


ABSTRAK

Studi Literatur Aktivitas Farmakologi Tanaman Alpukat
(Persea americana Mill) sebagai Antidiabetes

Oleh :
Fadhila Hidayati
P2.48.40.1.18.031

Pendahuluan: Penelitian ini didasari karena terjadi peningkatan penderita diabetes mellitus di Indonesia. Di Indonesia sendiri pengobatan tradisional sudah menjadi pilihan masyarakat. Salah satu tanaman yang memiliki potensi sebagain antidiabetes adalah tanaman alpukat. Dalam penggunaannya sebagai obat tradisional tanaman alpukat di Indonesia sebagai alternatif pengobatan diabetes masih jarang digunakan. Oleh karena itu dilakukan review artikel mengenai aktivitas tanaman alpukat sebagai antidiabetes.
Tujuan: Mengetahui potensi tanaman alpukat (Persea americana Mill) sebagai antidiabetes.
Metode: Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi. Data yang didapat berupa artikel atau jurnal yang didapatkan melalui situs Google Scholar, Science Direct, ProQuest dan Portal Garuda dengan menggunakan kata kunci : antidiabetic Persea american, hyperglicemia, antidiabetes tanaman alpukat Jurnal disortir sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi yang telah ditetapkan untuk dianalisis.
Hasil: Tanaman alpukat (Persea americana Mill) memiliki aktivitas antidiabetes pada pemodelan diabetes mellitus tipe 2 dengan karakteristik hiperglikemia yang disebabkan oleh sekresi insulin. Senyawa kuersetin pada tanaman alpukat mampu menurunkan kadar glukosa darah pada hewan coba dengan cara meningkatkan sel beta pankreas dan merangsang pelepasan insulin. Ekstrak daun alpukat dengan metode ekstraksi maserasi menggunakan fraksi etil asetat memiliki efektivitas penurunan kadar glukosa darah tertinggi sebesar 47,87% pada dosis 115 mg/kgBB. Pemberian ekstrak daun tanaman alpukat tidak menimbulkan efek toksik pada penelitian toksisitas akut pada dosis 2000 mg/kg dan subakut pada dosisi 100 mg/kg.
Kata Kunci: Diabetes mellitus, aktivitas antidiabetes, Persea americana.

Hidayati, Fadhila - Personal Name
2021
001.43 Far-D3-2021 Hid s
001.43
ebook
Indonesia
Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Jakarta II
2021
Jakarta,Poltekkes Jakarta II
P1 : Purnama Fajri, M. Biomed., Apt P2 : Wardiyah M.Si, Apt., Far-D3-2021
548

LOADING LIST...

LOADING LIST...

Hidayati, Fadhila. (2021).Studi Literatur Aktivitas Antidiabetes Tanaman Alpukat (Persea americana Mill).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/setiadi

Share :


Pencarian Kategori

ETD Statistic

Total ETDs : 8496

Pencarian Spesifik

Cara Membuat Visitor Counter Menggunakan PHP MySQL

Visitor Counter Web

IP = 3.135.183.187

Today = 4350

Yesterday = 8496

Total Visitor = 8644191

Pilih Bahasa

Time

E-Book Buku Pendukung

Koleksi

Seluruh produk koleksi digital yang dihasilkan oleh Mahasiswa & Mahasiswi telah dikonversi kedalam file E-book sehingga dapat didownload dan dimanfaatkan secara luas oleh seluruh pengunjung Perpustakaan Digital Poltekes Jakarta 2

E-Library

Alamat : Jln. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru
Jakarta, Indonesia , 12120
Telp : 021.7397641, 7397643,
email: perpusjkt2a@gmail.com