XML
Ira Nurhasanah - Personal Name

Identifikasi Salmonella dalam Sediaan Yoghurt


ABSTRAK

Ira Nurhasanah, “Identifikasi Salmonella dalam Yoghurt”, dibawah bimbingan Ai Emalia Sukmawati, S.Farm., M.Si dan Dian Maria Ulfa., M.Farm., Apt, 2017.

Yoghurt adalah minuman yang banyak dikonsumsi karena memiliki manfaat bagi manusia yaitu meningkatkan bakteri baik dalam usus. Namun apabila dalam pengolahan tidak ditangani dengan benar, yoghurt akan menjadi minuman yang tidak layak untuk dikonsumsi. Salah satu mikroba patogen yang ditemukan dalam yoghurt adalah Salmonella. Apabila pangan yang tercemar bakteri tersebut tertelan maka akan dapat menyebabkan penyakit. Pengujian secara mikrobiologi ini dikhususkan pada identifikasi dan bertujuan untuk mengetahui adanya mikroba Salmonella dalam Yoghurt. Homogenisasi sampel atau pra pengkayaan non selektif menggunakan media Buffered Pepton Water (BPW), pengkayaan selektif menggungakan Rappaport Vassiliadis Medium (RVS) dan Muller Kaufmann Tetrathionate Novobiocin Broth (MKTTn), isolasi menggunakan media Xylose Lysine Deoxycholate (XLD), uji biokimia meliputi TSIA, Urease, Dekarboksilasi Lysine, VP, Indol, β-Galaktoside, Serologi. Pengujian ini dilakukan pada tanggal 21 Maret 2017 samapai dengan 29 Maret 2017 di Laboratorium Mikrobiologi Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Bandung, Jalan Pasteur No 25 Bandung, Jawa Barat. Pengujian dilakukan terhadap 4 sampel rutin di Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Bandung.
Berdasarkan hasil pengujian terhadap keempat sampel Yoghurt, dapat disimpulkan bahwa keempat sampel tersebut negatif Salmonella, sesuai dengan persyaratan mutu mikrobiologi untuk parameter Salmonella menurut ISO 6579:2007 tentang batas maksimum cemaran mikroba dalam yoghurt, yaitu negatif per 25 g/mL.

Kata kunci : Salmonella, yoghurt, identifikasi

Ira Nurhasanah - Personal Name
001.43 ANF 17
001.43
ebook
Indonesia
Jurusan Analisa Farmasi dan Makanan Kemenkes Jakarta II
2017
Kampus C-ANF
1349

LOADING LIST...

LOADING LIST...

Ira Nurhasanah. (2017).Identifikasi Salmonella dalam Sediaan Yoghurt.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/setiadi

Share :


Pencarian Kategori

ETD Statistic

Total ETDs : 6717

Pencarian Spesifik

Cara Membuat Visitor Counter Menggunakan PHP MySQL

Visitor Counter Web

IP = 3.238.98.39

Today = 9940

Yesterday = 18536

Total Visitor = 5038381

Pilih Bahasa

Time

E-Book Buku Pendukung

Koleksi

Seluruh produk koleksi digital yang dihasilkan oleh Mahasiswa & Mahasiswi telah dikonversi kedalam file E-book sehingga dapat didownload dan dimanfaatkan secara luas oleh seluruh pengunjung Perpustakaan Digital Poltekes Jakarta 2

E-Library

Alamat : Jln. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru
Jakarta, Indonesia , 12120
Telp : 021.7397641, 7397643,
email: perpusjkt2a@gmail.com