XML
ANDAYANI, Reztu - Personal Name

Studi Deskripti tentang Pengelolaan Limbah Berbahaya dan Beracun (B3) di PT. DOK dan Perkapalan Kodja Bahari Galangan II Jakarta Utara Tahun 2018


Limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) yang tidak di kelola dengan baik dapat menimbulkan bahaya terhadap lingkungan dan keselamatan manusia serta makhluk hidup lainnya. Limbah B3 memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda dengan limbah pada umumnya, terutama karena sifat yang tidak stabil.
PT. DOK dan Perkapalan Kodja Bahari Galangan II merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industry, bidang usaha perusahaan ini adalah pembangunan kapal-kapal baru dan reparasi (perbaikan dan perawatan kapal). Bidang usaha atau kegiatan di PT. DOK dan Perkapalan Kodja Bahari Galangan II adalah pembuatan dan pebaikan kapal baja.
Penelitian ini bersifat deskriptif, populasi penelitian sebanyak 5 orang yang terdiri dari 2 orang petugas pengelolaan limbah, 3 orang yang membantu mengawasi limbah B3 tersebut. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi serta data yang terkait dari PT. DOK dan Perkapalan Kodja Bahari Galangan II. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran umum tentang pengelolaan limbah B3 di PT. DOK dan Perkapalan Kodja Bahari Galangan II, Jakarta Utara, Tahun 2018.
Dari hasil penelitian mengenai pengelolaan limbah B3 di PT. DOK dan Perkapalan Kodja Bahari Galangan II didapatkan hasil pada aspek teknis sebagian besar telah baik dan telah memenuhi syarat sesuai dengan Peraturan Pemerintah No.11 Tahun 2014 tentang pengelolaan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), tetapi masih ada beberapa aspek yang belum memenuhi syarat yaitu tahap identifikasi pada tahapan pengelolaan limbah B3, frekuensi pengangkutan limbah B3, dan sarana pengelolaan limbah B3.
Pada tahap identifikasi limbah B3 PT. DOK dan Perkapalan Kodja Bahari Galangan II belum pernah melakukan uji karakteristik dan uji toksikologi terhadap limbah B3 yang dihasilkan.
Frekuensi pengangkutan limbah B3 dari TPS limbah B3 menuju ke pengelolaan lebih lanjut dilakukan setiap bulan dengan menggunakan truk dari pihak PT. CV Bagus Mandiri yang memiliki volume 4m3.
Sarana pada pengelolaan limbah B3 di PT. DOK dan Perkapalan Kodja Bahari Galangan II masih kurang, hal ini dikarenakan PT. DOK dan Perkapalan Kodja Bahari Galangan II belum memiliki pagar pengaman di sekitar TPS untuk memisahkan area TPS limbah B3 dengan area kerja lain di PT. DOK dan Perkapalan Kodja Bahari Galangan II, belum memiliki pembangkit listrik cadangan, belum terdapat fasilitas P3K yang berdekatan dengan TPS limbah B3 tidak terdapat alat komunikasi tepat dengan TPS limbah B3, dan belum terdapat pintu darurat pada TPS limbah B3.

Kepustakaan : 19 (2001-2016)
Klasifikasi : Peraturan : 9
Undang – undang : 2
Metode Penelitian : 4
Limbah : 4

Reztu Andayani Poltekkes Kemenkes Jakarta II Jur.Kesehatan Lingkungan Jakarta
ANDAYANI, Reztu - Personal Name
2018
001.4 KL- D.3 2018- And s
001.4
KARYA TULIS ILMIAH
ebook
Indonesia
Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Jakarta II
2018
Jakarta
Aris Budianto (P1), Nur Alfi Syahri (P2)
613

LOADING LIST...

LOADING LIST...

ANDAYANI, Reztu. (2018).Studi Deskripti tentang Pengelolaan Limbah Berbahaya dan Beracun (B3) di PT. DOK dan Perkapalan Kodja Bahari Galangan II Jakarta Utara Tahun 2018.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/setiadi

Share :


Pencarian Kategori

ETD Statistic

Total ETDs : 6717

Pencarian Spesifik

Cara Membuat Visitor Counter Menggunakan PHP MySQL

Visitor Counter Web

IP = 3.238.98.39

Today = 9705

Yesterday = 18536

Total Visitor = 5038147

Pilih Bahasa

Time

E-Book Buku Pendukung

Koleksi

Seluruh produk koleksi digital yang dihasilkan oleh Mahasiswa & Mahasiswi telah dikonversi kedalam file E-book sehingga dapat didownload dan dimanfaatkan secara luas oleh seluruh pengunjung Perpustakaan Digital Poltekes Jakarta 2

E-Library

Alamat : Jln. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru
Jakarta, Indonesia , 12120
Telp : 021.7397641, 7397643,
email: perpusjkt2a@gmail.com