XML
Salsa Nabila Putri - Personal Name

Gambaran Penyelenggaraan Kondisi Sanitasi Lingkungan Di Terminal Kampung Rambutan Jakarta Timur Tahun 2023


Sanitasi tempat-tempat umum adalah usaha pencegahan dan pengendalian bahaya dan kerugian akibat penggunaan tempat bertemunya masyarakat yang membawa risiko penularan penyakit dan kecelakaan. Salah satu tempat-tempat umum yang perlu diperhatikan sanitasi lingkungannya adalah terminal. Terminal merupakan tempat berkumpulnya orang-orang dari berbagai tempat untuk datang dan pergi. Oleh karena itu, terminal dianggap sebagai tempat yang paling cocok untuk penyebaran segala penyakit yang dibawa oleh orang yang masuk keluar terminal maupun yang datang dari terminal itu sendiri.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan judul ā€œGambaran Penyelenggaraan Kondisi Sanitasi Lingkungan di Terminal Kampung Rambutan Jakarta Timur Tahun 2023ā€ yang bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai kondisi sanitasi lingkungan di Terminal Kampung Rambutan dengan variabel penelitian yaitu lokasi dan sarana bangunan konsturksi, sarana sanitasi, tingkat kebisingan dan kadar debu, tempat penjulan makanan, kepadatan lalat dan jentik nyamuk, ketersediaan alat keselamatan kerja dan perilaku hidup bersih dan sehat dengan alat ukur menggunakan cheklist dan daftar pertanyaan terbuka untuk petugas dan pengelola Terminal Kampung Rambutan Jakarta Timur.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa penyelenggaraan terminal sehat ditinjau dari segi sanitasinya yang meliputi lokasi dan sarana bangunan konstruksi, sarana sanitasi, tingkat kebisingan dan kadar debu, tempat penjualan makanan, tingkat kepadatan lalat dan jentik nyamuk, ketersediaan alat keselamatan kerja serta perilaku hidup bersih dan sehat dengan jumlah skor yang didapatkan sebesar 5.370 dengan persentase 83,25% dan yang tidak memenuhi syarat dengan skor sebesar 1.080 dengan persentase 16,75%.
Untuk variabel yang sudah memenuhi syarat meliputi lokasi dan sarana bangunan konstruksi, sarana sanitasi, tingkat kadar debu, pengendalian vektor dan binatang penggaggu, ketersediaan alat keselamatan kerja dan perilaku hidup bersih dan sehat. Sedangkan pada variabel yang tidak memenuhi syarat meliputi tingkat kebisingan dan tempat penjualan makanan. Oleh karena itu, saran yang dapat penulis sampaikan agar diperbaiki sesuai dengan Pedoman Penyelenggaraan Terminal Sehat, Direktorat Kesehatan Lingkungan Ditjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Tahun 2021. Dan untuk aspek adminstratif disarankan kepada pihak terminal dilakukannya pengawasan dan pemantauan terhadap sanitasi kesehatan lingkungan di terminal dengan mengacu pada pedmoman atau peraturan yang berlaku.

Salsa Nabila Putri - Personal Name
2023
001.43 KL-D3-2023 Sal g
001.43
ebook
Indonesia
Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Jakarta II
2023
Jakarta
Atang Saputra(P1); Beben Saiful Bahri(P2); Rojali(P3); Agus Riyanto(P4); D3-KL-2023: P21345120060
102

LOADING LIST...

LOADING LIST...

Salsa Nabila Putri. (2023).Gambaran Penyelenggaraan Kondisi Sanitasi Lingkungan Di Terminal Kampung Rambutan Jakarta Timur Tahun 2023.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/setiadi

Share :


Pencarian Kategori

ETD Statistic

Total ETDs : 8399

Pencarian Spesifik

Cara Membuat Visitor Counter Menggunakan PHP MySQL

Visitor Counter Web

IP = 34.228.52.21

Today = 2701

Yesterday = 4091

Total Visitor = 8103008

Pilih Bahasa

Time

E-Book Buku Pendukung

Koleksi

Seluruh produk koleksi digital yang dihasilkan oleh Mahasiswa & Mahasiswi telah dikonversi kedalam file E-book sehingga dapat didownload dan dimanfaatkan secara luas oleh seluruh pengunjung Perpustakaan Digital Poltekes Jakarta 2

E-Library

Alamat : Jln. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru
Jakarta, Indonesia , 12120
Telp : 021.7397641, 7397643,
email: perpusjkt2a@gmail.com