XML
NUR PITRIANI - Personal Name

Penatalaksanaan Pemeriksaan Columna Vertebralis pada klinis Scoliosis Di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati


Pemeriksaan columna vertebralis dengan klinis scoliosis biasa disebut dengan pemeriksaan scoliosis program, menurut beberapa referensi proyeksi utama pada pemeriksaan ini antara lain proyeksi AP/PA erect, proyeksi lateral erect, proyeksi lateral bending kanan dan kiri dengan pasien supine, proyeksi AP/PA supine. Namun di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati pada pemeriksaan scoliosis menggunakan proyeksi AP/PA erect, proyeksi lateral erect, proyeksi lateral bending kanan dan kiri dengan posisi pasien erect. Oleh karna itu, penelitian ini bertujuan untuk Untuk mendeskripsikan cara mendapatkan gambaran optimal pada columna vertebralis dengan klinis scoliosis di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati, baik untuk menganalisa proyeksi-proyeksi yang digunakan dan menganalisa keuntungan dari proyeksi-proyeksi yang digunakan tersebut.
Penelitian ini bersifat deskriptif berupa studi kasus di Intalasi Radiologi RSUP fatmawati pada bulan Maret-April 2018. Sampel yang digunakan adalah pasien yang melakukan pemeriksaan columna vetebralis dengan klinis scoliosis. Metode yang digunakan adalah metode observasi dengan melakukan pemeriksaan scoliosis secara langsung. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar kerja dan lembar Tanya jawab, kemudian diaolah dalam bentuk deskriptif dan dibandingkan dengan teori yang ada.
Pemeriksaan columna vetebralis dengan klinis scoliosis di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati tidak menggunakan AP supine dikarnakan proyeksi supine tidak dibutuhkan dalam pengukuran scoliosis, pengukuran hanya membutuhkan kondisi tulang belakang mengalami penekanan diakibatkan beban alami dari tubuh, sehingga tampak kelengkungan sebenarnya dari tulang belakang. Proyeksi bending dengan posisi pasien erect dilakukan karna tergambar fleksibilitas sebenarnya dari tulang belakang. Pasien diposisikan supine jika kondisi pasien tidak memungkinkan untuk berdiri sehingga tidak dapat dilakukan proyeksi erect.

NUR PITRIANI - Personal Name
2018
001-43 TRO-D3-2018 Pit p
ebook
Indonesia
Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Poltekkes Kemenkes Jakarta II
2018
Jakarta
Eny Supriyaningsih ( P 1 ), Legia Prananto ( P 2 ), D.III-TRO
1346

LOADING LIST...

NUR PITRIANI. (2018).Penatalaksanaan Pemeriksaan Columna Vertebralis pada klinis Scoliosis Di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/setiadi

Share :


Pencarian Kategori

ETD Statistic

Total ETDs : 8496

Pencarian Spesifik

Cara Membuat Visitor Counter Menggunakan PHP MySQL

Visitor Counter Web

IP = 3.129.13.201

Today = 6972

Yesterday = 9783

Total Visitor = 8680336

Pilih Bahasa

Time

E-Book Buku Pendukung

Koleksi

Seluruh produk koleksi digital yang dihasilkan oleh Mahasiswa & Mahasiswi telah dikonversi kedalam file E-book sehingga dapat didownload dan dimanfaatkan secara luas oleh seluruh pengunjung Perpustakaan Digital Poltekes Jakarta 2

E-Library

Alamat : Jln. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru
Jakarta, Indonesia , 12120
Telp : 021.7397641, 7397643,
email: perpusjkt2a@gmail.com