XML
Arif Rohman Saleh - Personal Name

Evaluasi Mri Fistula Perianal Menggunakan Sequence T2_TSE_SPIR


ARIF ROHMAN SALEH

EVALUASI MRI FISTULA PERIANAL MENGGUNAKAN SEQUENCE T2_TSE_SPIR

V Bab + 51 Halaman + 29 Gambar + 2 Tabel + 10 Lampiran

Latar belakang penelitian: MRI merupakan alat pencitraan diagnostik yang sangat krusial pada MRI Pelvis kasus fistula perianal. Pentingnya pencitraan MRI terletak pada kemampuannya untuk menunjukkan tersembunyi bidang sepsis dan ekstensi sekunder, keduanya yang berkontribusi pada tingginya tingkat kekambuhan setelah operasi dan memainkan peran penting dalam menentukan hasil pembedahan dan meminimalkan komplikasi. Penulis ingin mengkaji lebih lanjut untuk menjelaskan prosedur detail dalam tektik pemeriksaan dan sequence MRI Pelvis pada fistula perianal yang di pakai dalam pemeriksaan rutin.

Penelitian ini bertujuan: untuk mengevaluasi pemeriksaan MRI Pelvis pada fistula perianal menggunakan sequence T2_TSE_SPIR di Mayapada Hospital Jakarta Selatan.

Desain penelitian menggunakan metode penulisan deskriptif kualitatif berupa observasi partisipatif dengan pendekatan studi kasus. Dilakukan di Instalasi Radiologi Mayapada Hospital Jakarta Selatan dengan populasi penelitian seluruh pasien MRI Pelvis dengan klinis fistula perianal selama bulan Agustus sampai bulan Desember 2022. Dengan sampel penelitian sebanyak 4 orang pasien dengan klinis fistula perianal. Instrumen alat MRI yang digunakan Philips Achieva 1,5 Tesla dengan coil abdomen. Kemudian, dilakukan pemeriksaan MRI fistula perianal dengan menggunakan sequence T2_TSE_SPIR menggunakan parameter TR 3658ms, TE 120ms, FOV 38 cm, matrix 512 x 320, thickness slice 3mm, GAP 0,3 mm dan NSA 2. Hasil gambar MRI fistula perianal kemudian dievaluasi teknik pemeriksaan dan menganalisis pemasangan marker vitamin E, menganalisis penggunaan kontras media dan mengevaluasi informasi citra khususnya MRI fistula perianal dalam menggunakan sequnce T2_TSE_SPIR.

Hasil penelitian: menunjukkan bahwa pemberian marker pada area fistula untuk menandai posisi fistula perianal dengan gambaran inflamasi mempermudah dokter radiologi melihat jalur dari fistula perianal. Implementasi pemilihan sequence T2 TSE dan T2 TSE SPIR dan teknik pemeriksaan MRI pelvis pada fistula perianal pada instalasi Radiologi Mayapada Hospital Jakarta Selatan sudah sesuai dengan beberapa jurnal terbaru sehingga menghasilkan gambar yang informatif untuk menegakkan diagnosa dan hasil gambar MRI Pelvis pada fistula perianal menunjukkan hasil gambaran dengan batasan yang tegas fistula perianal dengan organ anus, colon sigmoid, buli-buli dan prostat antara yang satu dengan organ yang lain.

Kata Kunci: MRI fistula perianal, sequence T2_TSE_SPIR, marker vitamin E
Daftar Bacaan: 27 buah (2014 - 2022)

Arif Rohman Saleh - Personal Name
2022
001.43 TRO-D4-2022 Ari e
001.43
ebook
Indonesia
Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Poltekkes Kemenkes Jakarta II
2022
Jakarta
Nursama Heru Apriantoro(P1),Gando Sari(P2),Mahfud Edy Widiatmoko(P3),D4-TRO-2022; P21130221905
274

LOADING LIST...

LOADING LIST...

Arif Rohman Saleh. (2022).Evaluasi Mri Fistula Perianal Menggunakan Sequence T2_TSE_SPIR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/setiadi

Share :


Pencarian Kategori

ETD Statistic

Total ETDs : 8514

Pencarian Spesifik

Cara Membuat Visitor Counter Menggunakan PHP MySQL

Visitor Counter Web

IP = 3.17.134.216

Today = 4037

Yesterday = 5253

Total Visitor = 8816678

Pilih Bahasa

Time

E-Book Buku Pendukung

Koleksi

Seluruh produk koleksi digital yang dihasilkan oleh Mahasiswa & Mahasiswi telah dikonversi kedalam file E-book sehingga dapat didownload dan dimanfaatkan secara luas oleh seluruh pengunjung Perpustakaan Digital Poltekes Jakarta 2

E-Library

Alamat : Jln. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru
Jakarta, Indonesia , 12120
Telp : 021.7397641, 7397643,
email: perpusjkt2a@gmail.com