XML
PIPIH RATNASARI - Personal Name

Perbandingan Kualitas Citra MRI Manus Dengan Menggunakan Dan Tanpa Menggunakan Fiksasi Kantung Air


PERBANDINGAN KUALITAS CITRA MRI MANUS DENGAN MENGGUNAKAN DAN TANPA MENGGUNAKAN FIKSASI KANTUNG AIR
V BAB + 50 Halaman + 25 Gambar + 13 Tabel + 11 Lampiran
Latar belakang penelitian ini adalah pada pemeriksaan MRI Manus sering terjadi hasil scanning yang mengalami penurunan kualitas yang disebabkan oleh noise. Manus memiliki konsentrasi air rendah sehingga memiliki jumlah proton hidrogen sedikit. Intensitas sinyal sebanding dengan jumlah proton yang beresonansi dalam setiap voxel, jika sinyalnya kurang maka citra akan noise. Penggunaan fiksasi kantung air diharapkan dapat mempengaruhi jaringan sekitar sehingga meningkatkan sinyal dari proton hidrogen.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hasil pemeriksaan MRI Manus dengan menggunakan dan tanpa menggunakan fiksasi kantung air.
Desain penelitian yaitu kuantitatif deskriptif dengan pendekatan eksperimental sederhana. Penelitian dilakukan di Instalasi RSUPN DR Cipto Mangunkusumo pada bulan Oktober-Desember 2023. Sampel penelitian sebanyak 20 dengan 10 volunteer. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan pengukuran terhadap hasil citra MRI. Instrumen penelitian terdiri dari lembar kerja, citra MRI, dan lembar kuesioner. Pengolahan dan analisis data dilakukan menggunakan Microsoft Excel dengan menghitung presentase rata-rata. Selanjutnya, dilakukan uji statistik menggunakan aplikasi SPSS, seperti uji normalitas, uji Wilcoxon, dan uji korelasi Spearman Ranks.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan fiksasi kantung air dapat meningkatkan kualitas citra MRI Manus dibandingkan tanpa menggunakan fiksasi kantung air. Terdapat perbedaan SNR yang terlihat pada hasil citra ketika menggunakan fiksasi kantung air.
Kata kunci : MRI Manus, Kualitas Citra, Kantung Air

PIPIH RATNASARI - Personal Name
2023
001.43 TRO-D4-2023 Pip p
001.43
ebook
Indonesia
Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Poltekkes Kemenkes Jakarta II
2023
Jakarta
asumsi Tarigam(P1),Wahyu Hidayat(P2),Gando Sari(P3),Heru Kuswoyo(P4), D4-TRO-2023,P21130222929
76

LOADING LIST...

LOADING LIST...

PIPIH RATNASARI. (2023).Perbandingan Kualitas Citra MRI Manus Dengan Menggunakan Dan Tanpa Menggunakan Fiksasi Kantung Air.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/setiadi

Share :


Pencarian Kategori

ETD Statistic

Total ETDs : 8514

Pencarian Spesifik

Cara Membuat Visitor Counter Menggunakan PHP MySQL

Visitor Counter Web

IP = 18.191.68.50

Today = 3925

Yesterday = 5253

Total Visitor = 8816566

Pilih Bahasa

Time

E-Book Buku Pendukung

Koleksi

Seluruh produk koleksi digital yang dihasilkan oleh Mahasiswa & Mahasiswi telah dikonversi kedalam file E-book sehingga dapat didownload dan dimanfaatkan secara luas oleh seluruh pengunjung Perpustakaan Digital Poltekes Jakarta 2

E-Library

Alamat : Jln. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru
Jakarta, Indonesia , 12120
Telp : 021.7397641, 7397643,
email: perpusjkt2a@gmail.com