XML
Putri Aulia Hidayati - Personal Name

Analisis Korelasi Nilai Prostate Specific Antigen (PSA) dengan PI-RADS Version 2.0 pada Pemeriksaan MRI Prostat


PUTRI AULIA HIDAYATI
ANALISIS KORELASI NILAI PROSTATE SPECIFIC ANTIGEN (PSA) DENGAN PI-RADS VERSION 2.0 PADA PEMERIKSAAN MRI PROSTAT
V BAB + 45 Halaman + 20 Gambar + 9 Tabel + 17 Lampiran
Kanker prostat merupakan kanker pada laki-laki yang menempati peringkat kedua di seluruh dunia dan menempati peringkat kelima kanker yang paling umum terjadi secara keseluruhan. Pemeriksaan kadar Prostate Specific Antigen (PSA) merupakan salah satu pemeriksaan dini yang digunakan untuk mendeteksi kelainan pada kelenjar prostat. Melalui penyempurnaan dalam penggunaan sequence multiparametric MRI dan perkembangan PI-RADS sehingga penggunaan modalitas MRI secara diagnostik dapat dan membantu dalam pencegahan overdiagnosis dan overtreatment.
Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan antara nilai Prostate Specific Antigen (PSA) yang dinilai terhadap nilai PI-RADS Version 2.0 pada pemeriksaan MRI prostat. Desain penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive random sampling dengan sampel sebanyak 10 orang. Metode pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan berupa analisis korelasi antara Nilai Prostate Specific Antigen dan Nilai PI-RADS Version 2.0 dengan menggunakan IBM SPSS 26. Penelitian ini dilakukan di Instalasi Radiologi Siloam Hospital Kebon Jeruk Jakarta Barat pada bulan Juni 2023.
Hasil dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang signifikan antara nilai Serum Prostate Specific Antigen dengan nilai Prostate Imaging-Reporting and Data System yang ditunjukkan dengan Nilai Spearman Correlation yaitu 0.605. Sehingga nilai PSA tidak dapat dijadikan sebagai acuan penilaian terhadap tingginya nilai PI-RADS walaupun nilai PSA dapat menunjukkan indikasi adanya kelainan pada kelenjar prostat.
Kata Kunci : MRI Prostat, Prostate Specific Antigen (PSA), Prostate Imaging-Reporting and Data System (PI-RADS)
Daftar Bacaan : 34 Bacaan (2010-2022)

Putri Aulia Hidayati - Personal Name
2023
001.43 TRO-D4-2023 Put a
001.43
ebook
Indonesia
Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Jakarta II
2023
Jakarta
Shinta Gunawati(P1), Eny Supriyaningsih(P2), Samsun(P3), Guntur Winarno(P4), D4-TRO-2023
194

LOADING LIST...

LOADING LIST...

Putri Aulia Hidayati. (2023).Analisis Korelasi Nilai Prostate Specific Antigen (PSA) dengan PI-RADS Version 2.0 pada Pemeriksaan MRI Prostat.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/setiadi

Share :


Pencarian Kategori

ETD Statistic

Total ETDs : 8514

Pencarian Spesifik

Cara Membuat Visitor Counter Menggunakan PHP MySQL

Visitor Counter Web

IP = 18.224.70.238

Today = 4446

Yesterday = 5253

Total Visitor = 8817087

Pilih Bahasa

Time

E-Book Buku Pendukung

Koleksi

Seluruh produk koleksi digital yang dihasilkan oleh Mahasiswa & Mahasiswi telah dikonversi kedalam file E-book sehingga dapat didownload dan dimanfaatkan secara luas oleh seluruh pengunjung Perpustakaan Digital Poltekes Jakarta 2

E-Library

Alamat : Jln. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru
Jakarta, Indonesia , 12120
Telp : 021.7397641, 7397643,
email: perpusjkt2a@gmail.com