XML
AHMAD DZAKY FADLURRAHMAN - Personal Name

Penentuan Faktor Eksposi Optimal pada Pemeriksaan Abdomen Menggunakan dan Stationary Grid Terhadap Kualitas Citra


Grid adalah suatu alat yang membantu pemeriksaan radiologi yang terdiri dari lempengan garis-garis logam yang biasanya bernomor atom tinggi, dan bahan yang digunakan biasanya timbal. Kualitas citra radiograf adalah kemampuan suatu radiograf untuk memberikan informasi yang jelas mengenaai objek yang diperiksa. Kualitas citra radiografi sangat mempengaruhi dalam penegakkan diagnosis. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan kualitas citra abdomen yang optimal dan faktor eksposi yang tepat.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan pesawat Rongent Shimadzu di Laboratorium Radiologi dan Fisika Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Politeknik Kesehatan Jakarta II. Pengambilan data dilakukan dengan enam perlakuan terhadap dua sampel dengan seluruh faktor eksposi sama dengan variasi tegangan tabung yaitu 77 kV, 80 kV, 83 kV, 86 kV, 89 kV, 92 kV. Instrumen yang digunakan penelitian ini adalah lembar kerja, lembar kuisioner, software image J, software SPSS. Lalu hasil gambaran dinilai dengan lembar kuisioner dari aspek densitas, kontras, ketajaman dan noise dan akan dinilai menggunakan software image j dari aspek SNR dan pixel value. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Data diolah menggunakan software SPSS dan disajikan secara naratif.
Hasil penelitian ini menunjukkan hasil analisis perbandingan kualitas citra abdomen mengguakan moving dan stationary grid dengan variasi kV serta penentuan kV optimal. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa ada pengaruh kV terhadap kualitas citra abdomen proyeksi AP dan didapatkan faktor eksposi optimal adalah 77 kV dengan 32 mAs.

Kata Kunci : Grid, Abdomen, Kualitas Citra, Kv

AHMAD DZAKY FADLURRAHMAN - Personal Name
2023
001.43 TRO-D3-2023 Ahm p
001.43
ebook
Indonesia
Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Poltekkes Kemenkes Jakarta II
2023
Jakarta
Gando Sari(P1);Asumsie Tarigan(P2);Eny Supriyaningsih(P3);Guntur Winarno(P4);D3-TRO-2023: P21140220001
206

LOADING LIST...

LOADING LIST...

AHMAD DZAKY FADLURRAHMAN. (2023).Penentuan Faktor Eksposi Optimal pada Pemeriksaan Abdomen Menggunakan dan Stationary Grid Terhadap Kualitas Citra.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/setiadi

Share :


Pencarian Kategori

ETD Statistic

Total ETDs : 8515

Pencarian Spesifik

Cara Membuat Visitor Counter Menggunakan PHP MySQL

Visitor Counter Web

IP = 18.222.21.160

Today = 5429

Yesterday = 5253

Total Visitor = 8818070

Pilih Bahasa

Time

E-Book Buku Pendukung

Koleksi

Seluruh produk koleksi digital yang dihasilkan oleh Mahasiswa & Mahasiswi telah dikonversi kedalam file E-book sehingga dapat didownload dan dimanfaatkan secara luas oleh seluruh pengunjung Perpustakaan Digital Poltekes Jakarta 2

E-Library

Alamat : Jln. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru
Jakarta, Indonesia , 12120
Telp : 021.7397641, 7397643,
email: perpusjkt2a@gmail.com